Jl. Banyu Bumi Gas No. 8 RT.014/018 Kel. Cipinang, Kel. Pulo Gadung Jakarta Timur, DKI JAKARTA 13240

Telp : +6221-4701961
WhatsApp : +62 899-3300-033

Opening : Mon-Fri 08:00 – 17:00


SDPPI Certification Agency and Type Approval

Pengujian Perangkat Telekomunikasi untuk Keamanan dan Kenyamanan

Jasa Sertifikat SDPPI – Jasa SDPPI — Kementerian Komunikasi dan Informatika melakukan uji coba perangkat telekomunikasi demi keamanan dan kenyamanan. Ini merupakan implementasi nasional dari Nawacita keenam, yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing di pasar internasional, sehingga Indonesia dapat bangkit dan maju bersama negara-negara Asia lainnya. Sertifikasi seluruh perangkat telekomunikasi akan menjadikan standar produk Indonesia sebanding dengan standar internasional.

Ismail, Direktur Jenderal Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika (SDPII), menyatakan uji coba yang dilakukan Kementerian Komunikasi dan Informatika itu untuk kepentingan seluruh masyarakat. “Ditjen SDPPI berupaya agar spektrum frekuensi kerja tidak terkontaminasi atau mengganggu. Hal itu disampaikannya dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam Media Briefing yang diadakan di Hotel Horison Bekasi pada Senin, Rabu , 08/08/2018.

Dirjen SDPPI memberikan contoh peraturan yang digunakan dalam penerbangan untuk menggambarkan pengaruh pengujian peralatan dan spektrum terhadap keselamatan. “Siapa yang pernah naik pesawat?” Pikirkan tentang komunikasi antara pilot dan menara saat pesawat mendekati lepas landas atau mendarat. Itu bisa jatuh jika tidak ada komunikasi antara pilot dan menara kontrol, atau jika ada dua pesawat sekaligus. Dia menjelaskan, komunikasi antara pilot dan menara kontrol menggunakan frekuensi radio. Ini mungkin, jika tidak jelas.”

Ismail juga mencontohkan informasi tsunami yang disiarkan melalui televisi dalam skala yang lebih besar. “Frekuensi radio dan perangkat telekomunikasi digunakan oleh sensor yang memberikan informasi kepada warga. Dia menulis bahwa jika tidak ada akan berpengaruh pada jumlah korban.”

Risiko yang sama juga tergambar dari penggunaan ponsel saat mengisi bahan bakar di SPBU adalah ilegal. Dilarang menggunakan ponsel setelah diisi bensin. Apa alasannya? Ia menjelaskan, sudah menemukan sinyal BPHP untuk bisa menyalakan api dan lampu dari SPBU.

Dirjen SDPPI menekankan bahwa keselamatan terkait dengan harmonisasi penggunaan frekuensi untuk kebutuhan telekomunikasi yang berbeda, seperti manajemen bencana atau penerbangan. Dikatakannya, kenyamanan mengacu pada pengaruh masyarakat dalam menggunakan perangkat telekomunikasi sehari-hari yang bernilai ekonomis.

Penting untuk membicarakan dampak ekonomi dari penggunaan frekuensi. Ada banyak frekuensi yang telah digunakan oleh masyarakat. Ismail mengatakan, internet adalah salah satu contoh penggunaan frekuensi.

Lakukan Tes dan Dapatkan PNBP

Peraturan Penyelenggaraan Telekomunikasi 52 Tahun 2000 mewajibkan pengujian perangkat standardisasi oleh masyarakat. Direktorat Jenderal SDPPI Kementerian Komunikasi dan Informatika melakukan pengujian perangkat telekomunikasi oleh unit pelaksana teknis (UPT), Pusat Pengujian Perangkat Telekomunikasi.

Kepala BBPPT Mochamad Rus’an mengatakan sebanyak 2.538 perangkat telah diuji pada 2017. Rata-rata, 20-30 perangkat dapat diuji per hari. PNBP yang dihasilkan senilai Rp. 22 miliar. Dari Agustus 2018 hingga Agustus 2018, Rp. Dia mengatakan bahwa 1612 perangkat telah diuji dan dikumpulkan 12 miliar.”

Pengujian persyaratan teknis perangkat telekomunikasi meliputi beberapa aspek seperti standarisasi kelistrikan, keamanan dalam lingkungan elektromagnetik, dan keselamatan radiasi. BBPPT bertanggung jawab atas pelaksanaan proses pengujian teknis perangkat telekomunikasi. Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 04 (2011/11). Jalan Bintara Raya 17, Bintara, Bekasi Barat merupakan lokasi BBPPT.

Laboratorium BBPPT telah diakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional pada tahun 2001. Dilengkapi dengan kalibrasi pada tahun 2011, dan sistem manajemen mutu yang sesuai dengan ISO 17043. BBPPT memiliki 26 laboratorium. Diantaranya 10 laboratorium radio serta 5 laboratorium seluler, 2 laboratorium siaran, dan 4 laboratorium non radio. Ada juga 3 laboratorium EMC.

BBPPT juga telah bekerjasama dengan DDS PT. Telkom, Hartono Istana Teknologi – Polytron, dan Bureau Veritas mengikuti studi banding. Juga memberikan bantuan dan pendampingan dalam Pembangunan Laboratorium Pengujian Perangkat Telekomunikasi (PT. Sucofindo. PT.Qualis Indonesia. PT. Bangga Teknologi.

“Ke depan kami akan bekerjasama dengan China Telecommunication Technology Labs (Hyundai) Korea, TELEC Japan,” ujar Kepala BBPPT MochamadRus’an.

Rus’an menyatakan bahwa pengujian diperlukan untuk melindungi masyarakat dari keamanan, keselamatan, dan kesehatan. Rus’an menulis bahwa pengujian juga merupakan pintu gerbang produk telematika asing dan dalam negeri, serta mendorong industri dan investasi nasional.

Interoperabilitas antar perangkat juga dapat terjadi

Pada dan perangkat telekomunikasi, pastikan tidak saling mengganggu sehingga harmonisasi frekuensi dapat terjaga.

Waspadai Perangkat Bersertifikat

Dirjen SDPPI Ismail mengatakan, sosialisasi penting dilakukan dalam rangka mengedukasi masyarakat tentang perangkat telekomunikasi. Ismail mencontohkan perangkat telekomunikasi spektrum radio yang digunakan bersentuhan langsung dengan masyarakat dan perekonomian nasional, tanpa risiko apapun.

Ismail mengatakan, saat ini banyak orang yang melakukan kesalahan saat menggunakan spektrum frekuensi radio atau alat telekomunikasi, bukan karena ingin melanggarnya tetapi karena tidak memahami proses kerjanya.

Ismail mengatakan uji teknis perangkat telekomunikasi sesuai regulasi yang ada merupakan persyaratan. Ia juga mengatakan bahwa pendidikan tentang spektrum frekuensi dan perangkat telekomunikasi harus diberikan oleh media.

Kedua hal ini lebih teknis daripada yang mungkin Anda pikirkan. Dibutuhkan lebih banyak upaya untuk menjelaskannya. Kelihatannya begitu sederhana ketika teman-teman menggunakan perangkat telekomunikasi. Ismail mengatakan jika manajemen frekuensi tidak dilakukan dengan baik, bisa menjadi kacau.”

Ini merupakan pertemuan kedua yang menampilkan media briefing dengan topik Hak Penggunaan Perangkat Telekomunikasi. Pertemuan pertama difokuskan pada keselamatan penerbangan. Lebih dari 20 awak media nasional dan koresponden dari Bekasi menghadiri acara tersebut.

jasa kepengurusan sertifikat SDPPI

Jasa Sertifikat SDPPI 

Jasa Sertifikat postel

Jasa Sertifikat kominfo

Biro jasa sertifikasi SDPPI 

Biro jasa sertifikasi kominfo

Sertifikat perangkat sdppi

Sertifikat Bluetooth 

Sertifikat wifi

Sertifikasi SNI

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Ready To Start New Project With Intrace?

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua.

× How can I help you?